Blogger Widgets
  • Posted by : Sabila Purya Thursday, February 25, 2016


    Nah, kalian pasti pernah bertanya walau sekilas, dimana sih letak bumi itu? Dimana sih tata surya berada? Apa mengapung begitu saja di alam semesta? Atau berada di suatu galaksi dan klaster bintang? Mari sama-sama kita lihat!

    Letak Tata Surya
    Tahukah kalian, apa tata surya itu? Tata surya adalah kumpulan planet yang mengelilingi matahari sebagai bintang utamanya. Tata surya berada di daerah pinggiran galaksi bimasakti. Jarak dari matahari ke Neptunus (planet tata surya paling jauh dari matahari) kira-kira 4.5 miliar Kilometer! Waw!
    Nah, berdasarkan posisinya, planet di tata surya kita terdiri dari 2 bagian, yaitu Planet dalam dan Planet Luar.Mari kita kenali planet-planet yang berada di Tata Surya!

    Planet Dalam
    Adalah planet yang dibandingkan dengan bumi lebih dekat dengan matahari. Contohnya adalah:

    1.     Merkurius
    Merupakan planet di tata surya yang paling dekat dengan matahari. Jarak dari matahari ke Merkurius kira-kira 57.900.000 kilometer. Temperatur suhu di Merkurius pada siang hari adalah 430ocelcius, sementara pada waktu malam -170o celcius.
    Bentuk merkurius itu seperti bulan, memiliki kawah yang sangat banyak. Karena merkurius merupakan planet terkecil di Tata Surya, maka diametenya tidak sampai 38% diameter Bumi. Jangka revolusinya kurang lebih 88 hari, sementara periode rotasinya kira-kira 59 hari.

    2.    Venus
    Merupakan planet kedua terdekat dengan matahari. Disebut sebagai bintang kejora karena jika dilihat dari Bumi, Venus terlihat paling terang. Atmosfer Venus yang berbentuk karbondioksida sangat tebal, sehingga udara panas terperangkap di dalam atmosfer, dan muncullah efek rumah kaca, yang dapat memantulkan 75% sinar matahari yang diterimanya.
    Berbeda dengan planet-planet lain, Venus berputar pada porosnya dari Timur ke Barat.

    3.    Bumi
    Merupakan satu-satunya planet yang ditinggali oleh makhluk hidup karena mengandung gas-gas yang dibutuhkan oleh manusia, seperti oksigen, hidrogen, karbondioksida, dan gas-gas berguna yang lainnya. Diameter planet Bumi adalah 13.904 kilometer. Jika dilihat dari luar angkasa, permukaan planet bumi sangat cantik. Memiliki satu satelit alami, yaitu Bulan.

    Planet Luar
    Adalah planet yang jarak matahari lebih jauh daripada bumi. Contohnya adalah:

    1.     Mars
    Merupakan planet ke-empat dalam Tata Surya. Jika dilihat dari Luar Angkasa, permukaan Mars berwarna merah. Hal itu disebabkan tanah Mars diselimuti banyak oksida besi. Karena udara di Mars mengandung karbondioksida, maka tidak ada uap air di Mars, menjadikan planet tersebut sangat kering. Suhu permukaannya adalah -63o celcius, dan beda suhu antara siang dan malam hari adalah 120o celcius. Mars memiliki gunung terbesar, yaitu Gunung Olympus, yang tingginya kira-kira 25 kilometer! Satelit Mars adalah Phobos dan Deimos, yang berbentuk seperti kentang abu-abu raksasa yang melayang. Lucunya!

    2.    Jupiter
    Merupakan planet yang paling besar di Tata Surya kita. Diameternya 11 kali dari diameter bumi. Planet Jupiter tidak mungkin bisa dipijak, karena planet ini hanya mengandung unsur gas hidrogen, yang berinti kecil yang mengandung batu dan es. Jupiter memiliki badai raksasa yang biasa disebut ‘bintik merah raksasa’.
    Jupiter berotasi dengan kecepatan tinggi, yaitu 10 jam. Namun, planet ini berevolusi lama, yaitu 11,86 tahun. Jupiter pun memiliki satelit yang lebih dari 60, namun satelit yang paling terkenal adalah Callisto, Ganymede, Io, dan Europe.

    3.    Saturnus
    Merupakan planet kedua yang terbesar di Tata Surya, dan berbentuk paling unik di Tata Surya. Saturnus memiliki cincin raksasa yang terbuar dari debu ruang Angkasa, Es, dan unsur lain. Kecepatan rotasinya tidak sampai 10 jam 40 menit.  Planet ini memiliki 56 satelit yang keseluruhannya diselimuti es. Kecuali satelit Titan, yang berbentuk seperti jeruk raksasa.
    Saturnus memiliki diameter sembilan kalinya dari diameter bumi, dan massanya 95 kali massa Bumi. Namun, Saturnus memiliki massa jenis paling ringan di antara semua planet Tata Surya, yaitu tidak sampai 0,7 kalinya massa jenis Bumi. Jadi, kalau luar angkasa diisi air, planet Saturnus bisa mengambang di atas air! Keren.

    4.    Uranus
    Merupakan planet ketiga terbesar di Tata Surya. Uranus juga memiliki cincin, namun lebih tipis dan tak terlalu jelas. Tahu tidak, planet ini selalu miring ke samping, karena sudut rotasinya miring 98 derajat dari orbit revolusinya. Makanya, Uranus memiliki dua musim dengan periode cukup lama, yaitu 42 tahun musim panas, dan 42 tahun musim dingin!
    Uranus memiliki 27 satelit, seperti Oberon, Titania, Ariel, Umbriel, Miranda, dan lain-lain.

    5.    Neptunus
    Merupakan planet ke-terakhir di Tata Surya, dan paling jauh dari Matahari. Suhu dipermukaan Neptunus mencapai -200o celcius. Neptunus memiliki 13 satelit, namun yang paling terkenal adalah satelit Triton dan Proteus, yang biasa disebut ‘Satelit Penggembala’. Neptunus juga memiliki bintik hitam raksasa yang besarnya seperti bumi. Bintik hitam itu sebenarnya adalah badai raksasa yang dihasilkan oleh atmosfer Neptunus yang sangat kuat.
     .....

    Ternyata, alam semesta itu Indah dan ajaib ya! Kita harus selalu bersyukur kepada Tuhan karena telah memberikan tempat tinggal yang layak untuk kita seperti di Bumi ini.
              
    Oke, terima kasih telah melihat artikelku. Jika kalian ingin menemukan seputar pengetahuan dan Review, silahkan klik blog-ku dan berikan kritik dan saran. Sampai jumpa di artikelku selanjutnya, dan terima kasih!!
    Wassalamu’ alaikum wr.wb ...

    Sumber: Why? Di Alam Semesta.

    { 3 komentar... read them below or Comment }

    1. Yang anda sampaikan adalah teori tata surya atau dalam bahasa inggrisnya adalah Solar System. Tetapi benarkan teori tata surya itu? Benarkan bumi mengelilingi matahari? Atau benarkah Matahari jauh lebih besar dari bumi?

      Teori ini sebenarnya teori absurd yang berawal dari pemikiran imajiner untuk membantah tidak adanya Tuhan. Karena sejak dahulu, manusia sudah diajarkan matahari dan bulan lah yang mengelingi bumi sebagai cahaya dan pelita.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah... benarkah itu? Saya tdk tahu, Bs mnta tolong sebutkan ayat Al Quran mengenai hal itu??

        Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      ReplyDelete

  • Copyright © - Sabila Purya Berbagi Cerita

    Sabila Purya Berbagi Cerita - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan